. . .

Adipati Temui Gubernur Sumsel dan Pangdam II/Sriwijaya, Terkait Lanudad Gatot Subroto 

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PALEMBANG – Seakan tak ingin menyerah untuk mempercepat Landasan Udara Angkatan Darat Gatot Subroto Way Tuba Lampung menjadi Bandara Komersil/Sipil. Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya yang juga di dampingi Asisten II, Kussarwono, Kepala Bappeda, Rudi Joko dan Kepala Dinas PU, Alirahman, menemui Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dan Pangdam II/Sriwijaya, Mayjend TNI. Irwan.

Pertemuan Bupati Way Kanan dengan Gubernur Sumsel dan Pangdam II/Sriwijaya berlangsung terpisah.

Pertemuan pertama dilakukan Bupati bersama Gubernur Sumsel berlangsung singkat di Griya Agung (Rumah Dinas Gubernur) di Jl. Demang Lebar Daun Palembang Sumatera Selatan, Sekitar pukul 10:00 Wib. Selasa (04/12 /2018).

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya saat berbincang dengan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Setelah menemui Gubernur, Bupati Way Kanan bergegas menemui Pangdam II/Sriwijaya di MARKAS KODAM II/Sriwijaya yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman KM. 3.5
Kota Palembang.

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menjelaskan, pertemuan itu tidak lain adalah untuk berkoordinasi terkait Landasan Udara Gatot Subroto agar secepatnya dijadikan Bandara Komersil, mengingat ada tiga kabupaten di Sumatera Selatan yang akan ikut menggunakan lapangan Gatot Subroto nantinya. Yaitu Kabupaten Oku Timur, Oku Selatan dan Oku induk.

“kedatangan Kita untuk Berkoordinasi dengan Pak Gubernur dan Pangdam untuk meminta dukungan dan bantuan agar proses Lanudad Gatot Subroto menjadi Bandara Sipil cepat trealisasi,” Ujar Adipati Saat di Konfirmasi oleh Translampung.com.

Adipati juga mengatakan pembahasan masalah Lanudad Gatot Subroto menjadi Bandara Sipil mendapat respon besar yang cukup baik dari Gubernur Sumatera Selatan.

“Alhamdulillah, Beliau Sangat Respon sekali. Bahkan beliau tadi menyampaikan akan membentuk tim secara bersamaan yang terdiri dari Gubernur Sumsel, Gubernur Lampung dan seluruh Bupati di kabupaten yang akan menggunakan Bandara itu, Bahkan pada tanggal 8 Desember mendatang beliau akan mengundang saya kembali ke Palembang untuk bertemu dengan menteri Perhubungan,” Kata Adipati.

Bupati yang kini berusia 40 tahun itu menambahkan, hal yang sama juga di ungkapkan Pangdam II/Sriwijaya. “Pangdam juga sangat merespon positif untuk membantu, Bahkan saya katakan sama Pangdam agar di sampaikan kepada Kepala Satuan Angkatan Darat yang baru supaya bisa mempermudah seluruh proses untuk menggapai keinginan masyarakat Way Kanan agar memiliki Bandara Sipil,” Tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan sangat senang sekali, karena sejak ia menjadi Bupati OKU Timur ia telah berusaha memperjuangkan agar Lanudad Gatot Subroto diaktifkan.

Mengingat landasan udara tersebut tidak saja akan menghubungkan beberapa wilayah yang ada di Sumsel dan Lampung, tetapi juga akan berdampak pada kemajuan ekonomi. Dari 2006 sejak menjadi Bupati, Saya sudah berupaya untuk mengaktifkan bandara itu menjadi komersil. Positifnya akan berdampak luar biasa baik untuk Provinsi Sumsel maupun Provinsi Lampung,” Pungkasnya. (Migo)