Adipati: Drumband Bisa Meningkatkan Percaya Diri

0
322
views

translampung.com – Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, SH,Mm., hadiri pelantikan ketua umum Lembaga Seni Qosidah Indonesia ( LASQI ) dan Persatuan Drum Band Indonesia ( PDBI ) Kabupaten Way Kanan di lapangan korpri setempat, Senin (4/4).  Pada kesempatan itu bupati memberikan amanah agar ketua LASQI dan PDBI Way Kanan dapat mencari bibit – bibit baru sebagai generasi penerus.

“Sebagai ketua yang baru di lantik, dapat mencari bibit-bibit baru sebagai generasi penerus. Karna tidak seharusnya yang senior selalu tampi di publik, tetapi memberikan kesempatan kepada yang muda untuk menunjukan bakat dan keahlian dari para pelajar,” Ujar Adipati dalam sambutanya.

Ia menambahkan, Drum Band tidak hanya perpaduan olahraga, seni dan budaya tetapi banyak memberikan manfaat bagi kalangan generasi muda. Diantaranya menumbuhkan rasa percaya diri, kerja sama tim, membangkitkan loyalitas anggota dan mengajarkan bagaimana caranya memimpin dan dipimpin. Melalui drum  juga sambungnya, dapat  mengajarkan generasi muda untuk berkepribadian baik, menjalin hubungan emosional antar sesama. Tak bisa dipungkiri, realitanya, generasi muda yang terlibat dalam kegiatan drum band mempunyai kepribadian yang baik dalam bermasyarakat.

“Yang paling utama mampu menjadi benteng dan menjauhkan generasi muda dari Hal yang dapat merusak jiwa dan diri anak-anak tersebut. Tetapi bagaimana mengembangkan cabang olahraga ini agar mampu mengharumkan nama Kabupaten Way Kanan Bumi Ramik Ragom ini di tingkat provinsi maupun nasional,” jelasnya.

Mantan ketua DPRD Way Kanan ini menjelaskan, melihat besarnya potensi drum band yang ada, tentu menjadi sebuah cambuk bagi pengurus PDBI Kabupaten Way Kanan untuk membuat program-program yang berkualitas. Begitu juga dengan pengukuhan kepengurusan LASQI Kabupaten Way Kanan ini. Pemerintah Kabupaten Way Kanan memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan lembaga seni Islam termasuk LASQI ini. Qasidah merupakan kesenian yang berakar dari masyarakat yang harus dibina dan dikembangkan.

“Kesenian ini dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi pencinta seni namun juga bagi generasi muda penerus karena Qasidah menyiarkan siar-siar Islam dalam tiap bait dan lantunan lagu-lagunya,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, ketua umum Lasqi dan PDBI Way Kanan, Dessy Afrianti Adipati mengatakan dengan terbentuknya lembaga ini, dapat membina dan mengembangkan Nilai seni budaya tradisional Islami Indonesia, guna memperkuat kepribadian Bangsa atas dasar norma-norma pancasila, serta didorong oleh nilai-nilai akhlakul karimah.

kepengurusan LASQI Kabupaten Way Kanan masa bhakti 2016-2020 berkomitmen untuk menjadikan organisasi ini sebagai wadah bagi seniman muslim dan menjadikan organisasi ini pusat kegiatan keagamaan yang berorientasi pada pelaksanaan dakwah Islam melalui kesenian.

“Melalui lasqi kita semua dapat mewujudkan cita-cita perjuangan agama islan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa indonesia bedasarkan pedoman al-qur’an dan al-hadits,” ujarnya, sembari  melanjutkan, dengan jiwa dan semangat  persatuan  dan kesatuanhal itu selaras dengan visi Pemerintahan Kabupaten Way Kanan periode 2016-2021 yakni Way Kanan Maju Berdaya Saing 2021. Dengan salah satu misinya yakni Membentuk sumberdaya manusia yang lebih baik, handal dan dapat berdaya saing, sehingga terbentuk pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

“Terbentuknya pengurus PDBI Kabupaten Way Kanan tak lepas dari keinginan dari berbagai pihak, untuk mengembangkan kesenian ini ditengah-tengah masyarakat umumnya dan generasi muda khususnya Drum Band yang kini terus berkembang dikalangan pelajar Kabupaten Way Kanan.  Sebagai ekstra kurikuler, merupakan  tanda-tanda berkembangnya kegiatan positif suatu daerah atau masyarakat oleh karena itu mari kita berkomitmen memajukan way Kanan dengan berbagai kegiatan positif kedepan,” usungnya.

LEAVE A REPLY