. . .

90 Persen Pengurus PWI Dinyatakan Kompeten, Kapolres : Pers Harus Objektif

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – 90 persen dari 48 Jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, dinyatakan telah menyandang gelar kompeten dari dewan Pers.

Hal tersebut di ungkapkan Ketua PWI Tubaba Edi Zulkarnain pada acara penerimaan kunjungan silahturahmi Kapolres Tulang Bawang (Tuba) AKBP Syaiful Wahyudi di Sekretariat PWI Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tubaba pukul 14:00 WIB.

Menurut Ketua PWI. Jumlah seluruh anggota PWI saat ini sebanyak 48 orang yang terdiri dari berbagai media baik cetak, online dan elektronik. Dari jumlah tersebut, sekitar 90 persen telah dinyatakan kompeten oleh dewan pers.

” Kami minta kepada pihak Kepolisian tidak meragukan kemampuan wartawan khususnya yang tergabung di PWI Tubaba. Sebab, secara umum fungsi kontrol sosial, juga tak lepas dari peran pers untuk menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia, melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum, serta memperjuangkan keadilan dan kebenaran.” Kata Edi dalam sambutannya saat dikutip translampung.com pada (23/1/2019).

Hal senada diamini Kapolres AKBP Syaiful Wahyudi, menurutnya. Pers merupakan lembaga sosial dan wahana kominukasi massa dalam melakasanakan kegiatan jurnalistik, Untuk itu. Pers harus bisa menjembatani semua pihak, selain kontrol sosial juga dapat memberikan informasi berimbang dan aktual yang pada akhirnya akan memberikan solusi dalam setiap kinerja. Karena, pers merupakan pilar keempat demokrasi yang telah diatur dalam UU Pers, tentunya itu dilakukan oleh insan pers berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan objektif.

” Tugas dan tanggung jawab ini hanya bisa dijalankan jika pers bersikap objektif. Di sinilah tantangan insan pers, bahwa dalam menjalankan fungsinya, etika, moral, dan kepentingan nasional harus menjadi pijakan.” Imbuhnya

Bedasar pantauan translampung.com tanpak hadir, selain Kapolres Tuba AKBP Syaiful Wahyudi juga terlihat, Asisten II Bupati Tubaba Syakib Arsalan, Kadis Kominfo Fajril, Ketua KPUD Ismanto Ahmad, Ketua Bawaslu Midiyan S.Sos, Ketua PWI Edi Zulkarnaen dan Penasehat, Kapolsek TBT Kompol Zulfikar dan seluruh Anggota PWI Tubaba serjumlah sekitar 40 orang. (Dirman)

error: Content is protected !!