. . .

81 Pekon Ikuti Kegiatan Pemetaan Tapal Batas Pekon

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR -Sebanyak 81 Pekon di sembilan kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) melaksanakan kegiatan pemetaan tapal batas pekon (Desa) di ruang OR , Selasa (28/8).

Kegiatan pemetaan pekon tersebut langsung diisi oleh pemateri dari badan pembangunan nasional (Bapenas) bidang Badan pembangunan geopasial (BIG). Menurut pemateri, Indra menyampaikan ucapan terimakasih atas kesadaran masyrakat Pesibar akan dampak baiknya Pekon yang sudah memiliki Tapal batas.

“Sehingga dapat memudahlan pemerintah dalam hal ini badan terkait untuk mengetahui,  batas-batas yang sudah terdaftar, untuk kepentingan pemeeintah,”ujarnya.

Adapun bentuk keuntungan bagi masyarakat yang telah di tentukan tapal batas pekon akan memudahkan masyarakat dalam, menentukan batas wilayah dengan Pekon yang ada di perbatasan tersebut.

“Sepertihalnya dalam mempermudah pembayaran pajak bumi dan bangunan PBB.  Dan ini semua sudah merupakan agenda nasional, “jelasnya.

Sementara Kasubag perhubungan antar lembaga,  Hendri.S mengatakan, mengingat menghindari maslah masalah batas pekon yang mungkin terjadi,  sehingga dilaksanakan dikabupaten Pemetaan di Kabupaten Pesibar.

“Adapun kegiatan tersebut sudah berlangsung dari hari kenarin dan akan diagendakan selama sepuluh hari kedepan,  “ujarnya kepada translampung.com.

Adapun pekon yang sudah melakukan pemetaan yakni di kecamatan karya penggawa dan pada hari ini ada tiga kec as matan diantaranya,  Way Krui, Pesisir Tengah dan Pesisir Selatan untuk selanjutnya.

“Ya tadinya hanya sebanyak 20 pekon saja,  mengingat ini semua agenda nasional,  dan untuk tahun ini semua ditambah menjadi 80 pekon yang tersebar di sebilan kecamatan, “jelasnya.

Hendri juga berharap,  dengan adanya peta pekon pemerintah bisa lebih mudah untuk mendata,  dan begitu juga dengan masyrakat bisa lebih mudah menentukan  wilayah mereka.

” semoga kedepannya semua pekon yang ada di kabupaten sai batin dan para ulama bisa segera bisa dipetakan tapal batasnya,  khususnya pekon yang belum ada tapalnya,  “pungkasnya. (r7)