70 Persen Rasta Way Kanan Telah Tersalurkan

0
419
views

TRANSLAMPUNG.COM, WAY KANAN- Sempat tertunda selama 4 bulan, akhirnya warga Waykanan menerima beras sejahtera (rastra) dalam. Beras untuk masyarakat miskin itu telah disalurkan 14 Kecamatan di Waykanan, untuk rasta yang kita salurkan terhitung selama 4 bulan sampai bulan April untuk pengiriman di 14 kecamatan yang ada suadah tersalurkan sekitar 70 persen, terang Supri bagian administrasi Bulog, Rabu (7/6).

Menurut Supri, bulong sudah meyalurkan rasta dihampir seluruh kampung di 14 Kecamatan, namun sebagiannya lagi belum bisa dimirimkan. Tertundanya pendistribusian rastra ini salah satu penyebabnya adalah armada angkutan.

“kita tidak memiliki armada sendiri, untuk tahun ini kita memakai armada dari Bandar Lampung, sedangkan untuk ongkos tidak sesuai dengan jarak tempuh. Biaya angkut yang ditetapkan Rp85 perkilo gramnya, sedangkan untuk jarak tempuh yang jauh tidak ada armada yang mau dikarnakan tidak sesuai dengan ongkos pengiriman, mengingat jarak kecamatan di Kabupaten Way Kanan jarak tempuhnya jauh-jahuh,” jelas Supri.

Lebih jauh dikatakannya, para aramada tersebut banyak yanh memilih mengamtarkan beras ke kampung yang jarak tempuhnya dekat, meskipun harus menerima ongkos angkut Rp45 perkilogramnya.

“Seharusnya sistem yang baru ini di ujicoba terlebih dahulu di kecamatan terdekat, kendala yang kedua proses perpindahan data pengelola

sedangkan prosesnya sekarang lebih rumit dibanding tahun kemarin. Kalau tahun kemari dua hari sudah bisa dikirim, sementara di tahun ini membutuhkan dua puluh hari,” keluh Supri. (yhs)