7 Tiyuh Persiapan di Tubaba Siap Dimekarkan

0
503
views

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN-Keoptimisan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) untuk memekarkan ketujuh tiyuh persiapan yang ada di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) telah dipersiapkan pada dua tahun yang lalu akan membuahkan hasil.

Hal tersebut menyusul telah dilengkapinya syarat-syarat untuk pemekaran tiyuh sesuai dengan ketentuan Undang-Undang (UU) nomor 06 tahun 2014 tentang Desa.

“Dari hasil evaluasi oleh Tim nantinya, kalau memang sudah layak akan kita ajukan Peraturan Daerah (Perda) agar ke-7 tiyuh persiapan ini berstatus tiyuh definitif,” ungkap Kabag Tata Pemerintahan Somat diruang kerjanya, Kamis (23/2).

Somat juga menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengumpulan berkas atau data dari masing-masing tiyuh persiapan.

“Tahapan tahapan yang sedang dilaksanakan ini yakni kita mengumpulkan data dari masing masing tiyuh persiapan tersebut. Kemudian, setelah semua berkas selesai, maka dalam waktu dekat ini akan kita dibahas dalam rapat Tim Evaluasi Panitia Pemekaran tiyuh,” jelasnya.

Sementara, persyaratan yang harus di penuhi dalam proses pemekaran tersebut harus sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku seperti hal nya persyarat krusialnya ialah, jumlah penduduk mainimal 4.000 jiwa atau 800 KK, kesiapan fasilitas umum (Fasum), peta tiyuh, tapal batas tiyuh, dan syarat-syarat yang harus terpenuhi berdasarkan UU desa nomor 06 tahun 2014.

Lebih lanjut, Somat menuturkan bahwa pihaknya akan mengusahakan untuk di tahun 2017 ini Perda tersebut dapat segera di sah kan dan ini menjadi target capaian kerja.

“Berdasarkan data yang sudah masuk, kita lihat memang syarat-syarat yang ditentukan sudah memenuhi. Namun, tetap kita kembalikan ke hasil rapat evaluasi tim pemekaran tiyuh,” kata dia.

Menurutnya, memang tiyuh persiapan ditargetkan selama tiga tahun harus memenuhi syarat, dan ini di tahun kedua. Sementara, dua tiyuh persiapan masih kurang persyaratannya, yaitu permasalahan tapal batas.

“Jadi, kemungkinan lima tiyuh terlebih dahulu yang akan diusulkan perdanya, sementara dua tiyuh lagi akan menyusul ketika sudah siap,” ungkapnya.

Sementara, tiyuh-tiyuh persiapan yang akan dimekarkan pada tahun ini yang sudah di persiapkan sejak tahun lalu yaitu Marga Asri, dan Mekar Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah, kemudian Kagungan Ratu Agung, Karta Tanjung Selamat, Gading Kencana dan Karta Raya Kecamatan Tulangbawang Udik, serta Sido Agung (Kecamatan Gunung Terang dan Waykenanga) nantinya masuk di Kecamatan Waykenanga.(der)