58 Peserta Ikuti Tes Psikometri Polda Lampung

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Sebanyak 58 peserta seleksi terbuka pimpinan tinggi pratama Metro mengikuti tes psikometri yang digelar oleh Polda Lampung. Kegiatan tersebut digelar di Sekolah Polisi Negara di Kemiling, Bandar Lampung, Rabu (8/3).

”Semua peserta hadir mengikuti tes. Sesuai jadwal tes digelar selama 1 hari,” terang Kepala Dinas Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (DKSDM) ABP Herjuno dikonfirmasi Radar Metro (Trans Lampung Group), kemarin.

Menurutnya, setelah tes psikometria tes akan dilanjutkan dengan assesment center oleh seluruh peserta. Rencananya untuk assesment center akan digelar 10-15 Maret 2017 mendatang.

”Setelah assesment ini baru akan dilanjutkan dengan tes wawancara dan penulisan makalah dengan tulisan tangan,” jelasnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Metro Ir. Bangkit Hartyo Utomo dikonfirmasi Radar Metro mengatakan, dari 14 jabatan tinggi yang lowong yang akan dilakukan seleksi terbuka seluruhnya telah mengikuti tahapan seleksi terbuka. Yakni dengan total pendaftar sebanyak 60 pelamar, dan yang lolos mengikuti seleksi sebanyak 58 pelamar.

”Sampai saat ini belum ada peserta yang mengundurkan diri untuk mengikuti tahapan seleksi. Nantinya setiap jabatan yang yang diseleksi, ada 3 nama yang lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Kemudian dari 3 nama ini nantinya akan diusulkan oleh panitia seleksi kepada Walikota untuk menduduki posisinya pada masing-masing jabatan,” jelasnya.

Diakuinya, pelaksanaan seleksi ini menggunakan sistem gugur pada setiap tahapannya. Sehingga akan ada 16 dari 58 pelamar yang gugur dalam tes sebelum diusulkan oleh tim seleksi kepada Walikota.

”Tentunya penentuan jabatan tersebut dilihat melalui nilai yang diperoleh dari tim seleksi sesuai dengan aturan yang ditentukan,” ungkapnya.

Sementara itu, ada 14 jabatan pratama yang kosong dan dilaksanakan seleksi terbuka. Masing-masing diantaranya telah diikuti beberapa peserta seleksi seperti, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Metro diikuti oleh 4 peserta, Staf Ahli Walikota Bidang 3 sebanyak 4 peserta, Sekretaris DPRD 4 peserta, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan 4 peserta, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang 4 peserta, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja 4 peserta.

Selanjutnya, untuk jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi diikuti 4 peserta seleksi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup 4 peserta, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika 4 peserta, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian 5 peserta, Kepala Dinas Perdagangan 5 peserta, Kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah 4 peserta, Kepala Dinas Penanam Modal dan Pelanan Perizinan Satu Pintu 4 peserta, serta Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Arsip Daerah 4 peserta.

Diketahui, sedikitnya 4 calon peserta seleksi terbuka jabatan tinggi pratama Kota Metro siap bertarung untuk memperebutkan kursi Sekretaris Kota Metro. Seperti dilansir pada situs www.bkdkotametro.com, beberapa nama muncul dan telah lulus dalam seleksi berkas.
Diantaranya pada urutan pertama yakni Ir. A. Nasir A.T, M. M, yang menjabat sebagai Fungsional Umum pada Pemkab Lamteng. Lalu diposisi kedua diduduki oleh srikandi Kota Metro yang juga Kepala Dinas PP,PA,PP dan KB Kota Metro drg. Erla Andrianti,MARS. Kemudian diposisi ketiga diduduki oleh Drs. A. Budiman PM.MM yang menjabat sebagai Sekretaris Kabupaten Pringsewu. Selanjutnya, diposisi keempat diduduki oleh Ridhwan yang mejabat Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra.(ria/tnn)

News Reporter