. . .

55 Relawan Demokrasi Dikukuhkan dan Ikuti Bimtek

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Sebanyak 55 relawan demokrasi di Kabupaten Way Kanan dikukuhkan oleh Katua KPU Way Kanan dan sekaligus mengikuti bimbingan teknis, di aula Rumah Makan Way Tahmi, Kampung Gunung Sangkaran Kecamatan Blambangan Umpu. Minggu (27/01/2019).

Bung Darul begitu sapaannya, berharap pada relawan demokrasi tersebut agar menjalankan fungsi-fungsi sosialisasi dan sebagai agen penyebar informasi kepemiluan di kalangan masyarakat.

“Sebagai penggerak sosialisasi, diharapkan relasi menjaga integritas dan netralitas penyelenggara. Karena relasi ini menjadi bagian dari lembaga KPU,” kata Darul

Darul juga mengapresiasi orang-orang yang tergabung dalam relawan demokrasi akan menjadi agen penyebar informasi pemilu sekaligus menjadi perpanjangan tangan KPU dalam mendorong partisipasi.

“Harapan kita, angka partisipasi di Bumi Ramik Ragom mencapai target 85%. Tentu saja membutuhkan dukungan relasi dalam menjalankan mandat sebagai agen sosialisasi penyebar informasi pemilu,” katanya.

Sementara itu, bimbingan teknis yang diikuti para relawan demokrasi tersebut, selain bekal awal untuk menjalankan misinya, juga untuk menyasar 11 basis pemilih.

“Selain pengetahuan, keterampilan dan sikap diri juga dilatih dalam Bimtek. Agar lebih mendekati pemilih, mereka dibekali berbagai teknik dan strategis sosialisasi agar pesan untuk mengajak masyarakat sadar pemilu dan sampai ke TPS,” kata Komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ahmad Rokhim Sidiq

11 basis yabg dimaksud yakni basis keluarga, basis penyandang disabilitas,basis berkebutuhan khusus basis perempuan, basis pemilih pemula (first time votes), basis pemilih muda (millenial votes), basis marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet (netizen) dan basis relawan demokrasi.

Hadir Pada bimtek tersebut, Komisioner lainnya Refki Dharmawan, Doan Endedi, dan Winston M. Jamil beserta M. Arifin selaku sekretaris KPU Way kanan dan Jajarannya. (Rls/Yudi)

error: Content is protected !!