. . .

52 Kafilah Tanggamus Siap Pertahankan Juara Umum MTQ

image_print
SELAMAT BERJUANG KAFILAH: Asisten Bidang Administrasi Firman Ranie mewakili Pj. Bupati Zainal Abidin, melepas 52 Kafilah MTQ Tanggamus yang akan berjuang mempertahankan gelar Juara Umum dalam ajang MTQ ke-46 Provinsi Lampung di Bandarlampung, sejak besok (26/4) hingga Selasa (1/5). (Foto: DISKOMINFOSANDI TANGGAMUS)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Kabupaten Tanggamus mengirimkan 52 kafilah untuk mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Quran ke-46 Tingkat Provinsi Lampung di Kota Bandarlampung. Even akbar tahunan di Kota Tapis Berseri itu, berlangsung besok (26/4) hingga Selasa (1/5) mendatang.

Pelepasan puluhan kafilah perwakilan Bumi Begawi Jejama, dipusatkan di Ruang Rapat Utama Setda Tanggamus tadi (25/4) sore dan dipimpin Asisten Bidang Administrasi Firman Ranie, mewakili Penjabat Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin. Turut hadir Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tanggamus K.H. Makmun Siroj, Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanggamus Drs. Hi. Asrori, Kapolres yang diwakili Kabag Ren Kompol Misbahuddin, Kepala Kantor Kemenag Tanggamus sekaligus Ketua Kafilah Tanggamus Drs. Hi. Murdi Amin, M.Ag., serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah pemkab setempat.

Dalam laporannya, Murdi Amin menjelaskan, dasar pelaksanaan MTQ ke-46 Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Bandarlampung, adalah Keputusan Pj. Kabupaten Tanggamus, Nomor : B.168/08.06/08/2018 tentang Official dan Peserta MTQ Kabupaten Tanggamus pada MTQ ke-46 tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018.

“Adapun tujuan ikut-sertanya dalam MTQ ke-46, selain ikut andil dalam even tahunan tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan kecintaan kita terhadap Al-Quran, serta mempertahankan gelar Juara Umum yang telah diraih dua kali berturut-turut,” ujar Murdi Amin.

Sebagaimana diketahui, kata dia, Kabupaten Tanggamus telah berhasil meraih dan mempertahankan Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung sebanyak dua kali berturut-turut. Yaitu pada MTQ ke-44 di Kotaagung tahun 2016 dan MTQ ke-45 di Pesawaran tahun 2017.

“Cabang yang diikuti adalah sembilan cabang dan 22 golongan. Peserta kafilah MTQ Tanggamus berjumlah 52 orang. Dengan rincian, 10 orang peserta Tilawah putra dan putri, peserta Qir’oat Murotal 6 orang, peserta Tahfidz 1 Juz, 5 Juz Tilawah 4 orang, Tahfidz 10, 20, dan 30 Juz 6 orang, Tafsir Bahasa Arab dan Indonesia 4 orang, Fahmil Quran 6 orang, Syarhil Qur’an 6 orang, Khot Quran 8 orang, dan 2 di antaranya peserta Makalah Ilmiah Al Quran, dan didampingi 30 official,” terang Murdi Amin.

Dalam sambutan tertulis Pj. Bupati Tanggamus yang dibacakan Firman Ranie, disampaikan permohonan maaf karena tidak bisa melepas secara langsung Kafilah MTQ Tanggamus. Sebab dirinya ada agenda lain di Pemerintah Provinsi Lampung. Firman melanjutkan atas nama pemkab dan masyarakat, selalu mendoakan semoga Kafilah MTQ Tanggamus, selama mengikuti MTQ dilindungi Allah SWT dan dapat mempertahankan prestasi yang sudah diraih selama ini.

“Yaitu prestasi sebagai Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung selama dua kali berturut-turut,” ungkap Zainal Abidin, melalui Firman Ranie. (ayp)