Ketua PWI Tubaba, Sesalkan Tindakan Haram Plagiat Oknum Wartawan.

0
946
views

‎‎TRANSLAMPUNG.COM
PANARAGAN–Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ‎(PWI) Kebupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) sesalkan tindakan sejumlah oknum wartawan dari luar dan dalam wilayah hukum Kabupaten Tubaba,  yang telah melakukan tindakan haram atau plagiat (copy paste) dalam pemberitaan dari media lain.

‎Hal tersebut diungkapkan pasca maraknya pelaku atau oknum wartawan terkait, telah melakukan tindakan tercela yang dianggap sangat  menyimpang dari kode etik jurnalistik, bedasar UU Pers No 40 tahun 1999 tentang Pers, juga UU No 19 tahun 2002 tentang hak cipta yang berlaku.

‎‎Menurut Ketua PWI Kabupaten setempat Edi zulkarnain mengatakan. Seorang jurnalis dalam menjalankan tugas dan pemberitaan mestinya wajib mengedepankan kode etik, ‎tidak dibenarkan melakukan copy paste pemebritaan dari media ataupun lembaga lain.

‎” setiap jurnalis, wajib mentaati kode etik Wartawan indonesia, diantaranya kepebribadian dan integritas, cara pemberitaan, sumber berita, dan kekuatan kode etik jurnalistik itu sendiri.” Kata Edi, saat dihubungi Trans lampung.com, Via telpon pada (2/12/2017) sekira pukul 15:00 Wib.‎

Lanjut dia, ‎dalam waktu dekat mendatang pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Ketua PWI Provinsi lampung, dan PWI Kabupaten Kota lainnya, upaya dapat dilakukan penertipan terhadap oknum Wartawan yang dianggap menyimpang.

” oleh karenan itu melalui PWI, dewan pers mengadakan Uji Kompetisi wartawan (UKW) ‎agar dapat menciptakan jurnalis yang berkopenten,‎ beretika dan menjunjung tinggi Kode etik, tidak semau-maunya.” Imbuhnya.