442 TKS Diskes Tanggamus Terima SK Bupati

0
886
views
GISTING – Sebanyak 442 tenaga kerja sukarela (TKS) di lingkup Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus, menerima surat keputusan (SK) langsung dari Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, pada Jumat (15/4). Dengan adanya SK, maka TKS dinyatakan resmi akan mendapatkan insentif yang telah ditentukan.
Kepala Diskes Tanggamus Sukisno menjelaskan, jumlah seluruh TKS yang menerima SK sebanyak 442 orang. Mereka terdiri dari 289 TKS lama dan 153 TKS baru. Para TKS tersebut tersebar di puskesmas, puskesmas pembantu (pustu), dan diskes.
“Kami berharap, para TKS Diskes, terlebih yang sudah menerima SK Bapak Bupati, dapat bekerja dengan baik. Kinerja mereka akan dievaluasi selama tiga bulan sekali. Kalau ada kesalahan akan kita beri teguran. Jika sampai tiga kali teguran tidak berubah juga, maka akan diusulkan untuk diberhentikan,” tegas Sukisno.
Sementara Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan juga menghadiri penyerahan SK yang dipusatkan di Aula Serumpun Padi Kecamatan Gisting itu.‎ Bambang berkeinganan untuk memberikan instentif kepada tenaga kesehatan, sama dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) Lampung yang berkisar Rp1,3 juta/bulan. Namun karena keterbatasan anggaran, hal itu tidak bisa langsung diwujudkan, melainkan secara bertahap.
“Insentif tersebut secara bertahap akan dinaikkan. Besarannya sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Jadi kalau sekarang kalian menerima Rp900 ribu/bulan, maka tahun 2017 saya naikkan lagi. Begitu juga dengan tahun 2018. Keinginan saya kalian bisa mendapatkan insentif setara dengan UMP,” sebut bupati yang langsung disambut tepuk tangan para TKS.
Pembagian SK baru dilakukan sekarang, lanjut Bambang, lantaran diperlukan proses pendataan. Untuk sementara, insentif TKS ada perbedaan jumlah. Bagi yang sudah lama mengabdi diberikan Rp900 ribu. Sementara bagi yang baru bergabung di tahun 2015 dan mendapatkan SK di 2016, mendapatkan insentif sebesar Rp400 ribu/bulan.

“Dalam pemberian SK ini kita data dulu, hal ini untuk mengetahui berapa sebenarnya angka riil TKS di Diskes Tanggamus. Setelah didata baru ketemu angkanya. Dan bagi yang baru didata, jangan ada kecemburuan. Sebab nanti juga ada penyesuaian bagi yang baru,” jelas Bambang.

Dirinya juga berharap, TKS dapat bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan Kabupaten Tanggamus Sehat. Maka dari itu laksanakan tugas yang telah diintruksikan oleh kepala puskes, seperti salah satunya menyukseskan Program Posyandu Plus.

“Saya juga berterimakasih kapada kalian atas pengabdiannya selama ini. Saya sadari pengabdian kalian bukan semata karena insentif. Sebab insentif ini baru. Jadi harapan saya setelah pemberian insentif, jangan kendur dalam upaya meningkatkan pengabdian,” pinta Bambang yang juga didampingi Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Kabid Mutasi dan Kepegawaian BKD Tanggamus Adi Gunawan, Camat Gisting Andrias, dan Anggota DPRD Ikhwani. (ayp)

LEAVE A REPLY