41 Desa Bakal Gelar Pilkades Serentak

0
498
views

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA-Sebanyak 41 desa dari 13 Kecamatan diwilayah Kabupaten Lampung Selatan, akan dilakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada Selasa (2/5) mendatang.

Menurut Asisten Bidang Pemerintahan Setkab Lampung Selatan Supriyanto mengatakan pelaksanaan pilkades seretak anggaranya ditanggung APBD Lamsel tahun 2017 sebesar Rp1,7 miliar dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) masing-masing desa dibebani sebesar Rp15 juta.

“Untuk pembiayaan pilkades serentak itu akan dibebankan pada APBD Lampung Selatan dan disesuaikan dengan anggaran yang ada tiap desanya. Sehingga biayanya antara satu desa dengan desa yang lain belum tentu sama. Karena, akan dilihat jumlah mata pilih masing-masing desa berbeda,” kata dia dalam rapat persiapan Pilkades yang digelar Bagian Otonomi Daerah (Otda) Setkab Lampung Selatan, yang berlangsung diAula Krakatau Kantor Bupati Lamsel, Kamis (16/2).

Ditambahkan dia, dalam pilkades ini pihaknya meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung Selatan dapat membantu dalam keabsahan ijasah bakal calon kades. Selain itu, pihak Inspektorat Lamsel juga dapat membantu untuk melakukan deteksi dini untuk menghindari persoalan dalam pilkades.

“Selain itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kesbangpol dan pemerintah kecamatan bisa ikut membantu dalam mensukseskan pilkades serentak di wilayah Kabupaten Lampung Selatan,” kata dia.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Bagian Otonomi Daerah (Plt Kabag Otda) Setkab Lampung Selatan Sarifudin mengatakan tahapan pilkades serentak ini cukup banyak. Oleh sebab itu, tahapan pilkades dapat dilakukan mulai saat ini hingga hari pelaksanaan pilkades serentak.

“Untuk pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih dijadwalkan pada Senin (15/2) mendatang. Oleh karenanya, berbagai tahapan pilkades dapat dilakukan mulai saat ini hingga hari pelaksanaan pilkades tersebut,” pungkasnya.(jhn)