398 unit Rumah Penerima BSPS Ditempel Plat dari Perkim

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA – Sebanyak 398 unit rumah penerima Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) akan dipasang Penang atau Plat sebagai penerima bantuan BSPS.

“Tujuan pemasangan Penang/Plat disetiap rumah warga yang mendapat BSPS ini, untuk meringankan beban warga terhadap tagihan pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Izin Membangun (IMB), karena dikategorikan warga kurang mampu sehingga tidak perlu dipungut pajak,” kata Afflah Efendi selaku Plt.Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Lamsel, Jumat (6/7) kemarin ditemui usai memasang Penang dirumah warga penerima BSPS di Desa Canggu, Kecamatan Rajabasa.

Dijelaskan Afflah, khusus untuk Kabupaten Lampung Selatan warga penerima BSPS dari pemerintah pusat tahun 2018 mencapai 398 unit yang tersebar disetiap 17 Kecamatan. Untuk kecamatan Rajabasa penerima  Program BSPS terdapat 21 unit, yang mana tahap pengerjaannya sudah selesai pembangunanya.

“Masih ditahun ini juga, kami tengah mengusulkan sebanyak 1000 unit rumah melalui APBN-Perubahan 2018. Mudahan-mudahan usulan tersebut dapat terealisasi, mengingat warga dilamsel masih banyak rumah yang kategori kurang layak,” jelas dia.

Setiap penerima BSPS yang belum dilengkapi sanitasi jamban sehat, (PHBS) ditambahkan dia, akan dilengkapi pemasangan WC dan Kamar Madi.

“Kami lihat, jika ada Rumah warga penerima BSPS yang belum ada Wc dan Kamar mandinya, akan dipasang dengan melibatkan Satker terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan. Sehingga, program bantuan yang berkaitan langsung kepada masyarakat kurang mampu dapat dirasakan secara langsung,” ujarnya.

Sementara itu, Syahbudin (50), warga penerima bantuan BSPS mengaku senang kepada Pemkab Lamsel karena sudah membangunkan rumah yang layak untuk keluarganya.

“Saya menerima BSPS ini seperti mimpi saja. Sebab selama 8 tahun rumah yang saya tempati dulunya, jika musim hujan selalu basah dan kayu bangunannya sudah banyak yang lapuk. Terima kasih kepada pak bupati (Zainudin-red) dan Dinas Perkim sudah mau membantu meringankan beban saya,” kata dia. (jhn/hkw)

News Reporter