35 Ribu Bidang Tanah Akan Dipronakan Sertifikat Gratis

0
512
views
PRONA GRATIS: Sosialisasi PTSL yang digelar BPN Lampung Selatan yang berlangsung, di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Kamis (6/7).

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA– Kabar gembira bagi masyarakat di Kabupaten Lampung, karena 35 ribu bidang tanah akan di buatkan sertifikat tanah melalui program agraria Nasional (Prona) pada tahun 2017 secara gratis.

Hal ini terungkap dalam sosialisasi pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang digelar Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lampung Selatan yang berlangsung, di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Kamis (6/7).

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, mengaku sangat bersyukur bahwa Lamsel pada tahun 2017 mendapatkan 35 ribu bidang dalam pembuatan sertifikat prona.

“Sertifikat prona ini gratis. Karena, sertifikat prona dibiayai negara. Sehingga, masyarakat tidak dikenai biaya apapun. Jadi, masyarakat hanya diminta menyiapkan kelengkapan dokumen tanah dan materai saja,”ujar dia.
Jika ada biayapungutan liar (Pungli) dalam pembuatan sertifikat ini, lanjut dia masyarakat diminta untuk melaporkan kebupati (Pemkab) dan BPN Lamsel jika ada pungli. Sebab, program sertifikat semua gratis.

“Jika ada pungli diProna ini, nanti masyarakat silahkan melapor,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala BPN Lampung Selatan Ahmad Aminullah mengatakan pembuatan sertifikat melalui prona tidak dipunggut biaya alias gratis. Begitu juga dengan pengukuran lahan tanah yang akan dibuatkan sertifikat tidak dikenai biaya.

“Jika, ada warga yang dipungut biaya dalam pembuatan sertifikat prona. Maka, laporkan langsung kepada saya, jika ada oknum BPN Lamsel yang menunggu,” ujar dia.

Ditanya apa saja persyaratan untuk membuat sertifikat prona gratis ini? Ahmad Aminullah mengatakan masyarakat hanya diminta menyiapkan dokumen kelengkapan tanah dan materai.

“Persyaratan cukup mudah, masyarakat hanya menyiapkan dokumen kelengkapan tanah dan materai saja,” pungkasnya. (jhn)