. . .

258 Napi Lapas Way Kanan Dapat Remisi HUT RI ke 73

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, sebanyak 258 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, menerima potongan masa tahanan (remisi). Dari jumlah 258 narapidana itu, 12 napi di antaranya langsung bebas.

Penyerahan Remisi Narapidana Lembaga permasyarakatan kelas II B Kabupaten Way Kanan diberikan langsung secara simbolis Oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya yang juga disaksikan Unsur pimpinan Forkopimda Way Kanan, bertempat di halaman Lapas Setempat. Jum’at (17/08).

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Way Kanan. Beny Totot Mengatakan, hingga hari ini penghuni lapas berjumlah 512 orang yang terdiri dari 119 orang berstatus tahanan dan 393 orang berstatus narapidana.

“narapidana yang diusulkan dan mendapat remisi tersebut berjumlah 258 orang, 12 di antaranya langsung bebas. Sedangkan untuk narapidana yang lain tidak kami usul kan karena belum memenuhi persyaratan administrasi yang telah di tetapkan,” Ujar Kalapas.

Sementara itu, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya dalam Sambutannya mengatakan kemerdekaan sesungguhnya milik seluruh rakyat Indonesia termasuk juga narapinada yang berada di dalam lapas, hanya saja narapidana harus di tahan secara fisik di dalam lapas untuk mempertanggungjawabkan perbutaannya.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada warga Binaan yang mendapat Remisi, Bupati muda itu Berpesan kepada narapidana yang mendapat remisi langsung bebas agar tidak mengulangi perbuatan buruk mereka, sehingga tidak kembali masuk ke lapas.

“Saya ucapkan selamat kepada saudara saudara saya yang mendapat Remisi, dan khususnya kepada saudara saya yang langsung bebas hari ini agar tidak mengulangi hal hal yang bisa membuat kalian masuk lagi ke lapas ini,” Ucap Adipati.

Dalam Acara tersebut, Selain Penyerahan Remisi. ada juga penampilan panduan suara persembahan dari Ibu ibu Dharma Wanita Lapas Way Kanan dan penyerahan Buku dari perpustakaan daerah Kabupaten Way Kanan untuk meningkatkan minat baca warga Binaan dalam lapas serta pembagian hadiah untuk para narapinada yang berhasil menjuarai berbagai perlombaan yang di selenggarakan oleh lapas dalam rangka HUT RI ke 73. (migo)