21 Kampung di Waykanan Belum Selesaikan Laporan Penggunaan ADD 2017

TRANSLAMPUNG.COM BLAMBANGAN UMPU –

Dari jumlah 221 kampung yang ada di 14 kecamatan Kabupaten waykanan ternyata hingga saat ini ada sebanyak 21 kampung yang belum menyelesaikan Laporan realisasi penyaluran dan konsolidasi penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2017. padahal menurut aturan, Laporan itu mestinya diselesaikan paling Lambat tanggal 14 januari tahun anggaran berjalan. karena Laporan itu merupakan salah satu syarat pencairan Dana desa tahap satu tahun anggaran 2018.

Hal itu dikatakan sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten waykanan, Muhammad Darwis, S.STP saat dikonfirmasi oleh translampung.Com diruang kerja nya, Selasa (14/3)

Muhammad Darwis menjelaskan, pihaknya sudah memberikan batasan waktu sudah cukup lama yaitu selama dua bulan agar pemerintah kampung dapat segera menyelesaikan Laporan tentang realisasi penyaluran dan konsolidasi penggunaan Dana Desa tahun 2017. Padahal jika laporan itu sudah diselesaikan maka pencairan Dana Desa Tahap satu sebanyak 20% sudah bisa dicairkan.

“tapi nyatanya sampai hari ini yang merupakan hari terakhir waktu yang kami berikan hingga pukul 17:00 wib masih ada sebanyak 21 kampung yang belum menyelesaikan Terkait Laporan itu, jika hari ini laporan itu tidak selesai maka konsekuensi kampung yang bersangkutan akan dilakukan penundaan pencairan sampai Laporan itu selesai,” Jelas Muhammad Darwis.

Foto Daftar Nama kampung yang belum menyelesaikan Laporan.

Dan untuk Kampung yang sudah menyelesaikan Laporan tersebut, Lanjut Darwis, sudah bisa mencairkan Dana Desa Tahap satu tahun 2018, Namun Laporan Anggaran pendapatan dan belanja kampung (APBK) tahun 2018 juga harus sudah selesai karena itu juga merupakan syarat untuk pencairan Dana Desa.

“Kemungkinan minggu depan Dana Desa ditransfer dari Rekening Kas umum negara (RKUN) pusat ke Rekening kas umum daerah (RKUD), Nahhh untuk ke Rekening kas Desa (RKD) kita lihat perkembangannya nanti apakah sudah selesai atau belum laporan realisasi penyaluran dan konsolidasi penggunaan Dana Desa nya,” Tutupnya Nya. (migo)

News Reporter