. . .

157 Peserta Tak Lolos karena Tak Ikuti TKD

image_print
Tes CPNS Formasi Tanggamus 
TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Tes CPNS tahap Tes Kemampuan Dasar (TKD) untuk seluruh formasi di Tanggamus berakhir pada Kamis (1/11) lalu. Sebanyak 157 peserta tidak hadir pada tes tersebut. Maka dipastikan tidak lolos.
Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Mutasi dan Pengangkatan Pegawai Haru Abimanyu. Dia menjelaskan, seluruh peserta yang ikuti tes, totalnya 4.167 orang. Dan yang tidak hadir totalnya 157 orang. Sedangkan jumlah peserta 4.324 orang setelah lolos di tahap verifikasi file berkas sebelumnya.
Lokasi tes untuk Kabupaten Tanggamus di Zona III Lampung, tempatnya di SMK Yadika, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu. Penyelenggaraan tes berlangsung selama tujuh hari, sejak Jumat (26/11) lalu. Saat itu hanya dilangsungkan tiga sesi tes, karena gangguan server di BKN.
“Untuk hari terakhir hanya satu sesi. Pagi hari mulai pukul 08.00 WIB. Setelah itu semuanya berakhir,” ujar Haru Abimanyu, mewakili Kepala BKPSDM Tanggamus, Hj. Nur Indrati, Senin (5/11).
Pelaksanaan tes CPNS untuk formasi Tanggamus dikategorikan bisa berlangsung lancar. Gangguan hanya terjadi pada hari pertama, yang hanya terselenggara tiga sesi tes. Sedangkan setelahnya lima sesi dan hari terakhir satu sesi, karena peserta juga sudah habis.
“Hanya hari pertama saja ada gangguan yang menyebabkan jadwal juga berubah. Tapi setelah itu tidak ada masalah lagi. Lancar sampai sesi terakhir di hari terakhir,” terang Haru.
Ia mengaku, penentuan kelolosan peserta dari tahap SKD diserahkan ke BKN. BKPSDM di daerah hanya menyelenggarakan tes. Maka seluruh hasil tes diserahkan ke BKN. Lalu sejauh ini waktunya belum dipastikan kapan, termasuk sistem pengumuman kelolosannya.
Peserta yang tidak hadir saat tes, Haru menegaskan, dipastikan tidak lolos. Sebab tidak ada nilai yang diperoleh. Dan BKPSDM sebagai penyelenggara sudah menyerahkan semua nilai peserta yang ikuti tes. Nilai itu juga sudah bisa langsung dilihat oleh peserta sendiri setelah mengikuti tes.
Terkait patokan nilai (passing grade), yang ditetapkan, Haru pun mengaku putusan itu diserahkan ke BKN.
“Memang dalam Permen PAN Nomor 37 ditentukan standar nilai. Tapi apakah itu yang digunakan atau nilai di bawahnya bisa lolos, sepenuhnya diserahkan ke BKN,” beber Haru.
Jika berpatok pada standar nilai Kementerian PAN, kata dia, sepertinya kuota CPNS di Tanggamus tidak akan terisi penuh. Di standar nilai, dipatok nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) 143, lalu nilai Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, dan nilai Tes Karekteristik Pribadi (TKP) 143.
“Sampai terakhir tes, tidak banyak peserta yang nilainya memenuhi standar. Kalau pun ada, jumlahnya sedikit. Tidak lebih dari seratus peserta. Pertimbangan inilah yang nanti diputuskan oleh BKN,” ujar Haru.
Kemudian seusai TKD, peserta akan menghadapi Tes Kemampuan Bidang (TKB). Maka peserta akan menyusut lagi jumlahnya. Namun untuk waktu dan teknis pelaksanaan TKB pun, diserahkan ke BKN. (ayp)