. . .

15 Kapal Tak Miliki Dokumen Berlayar

image_print

Dishub Lamsel Lakukan Pendataan Demi Keselamatan

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA – Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan kembali melakukan sosialisasi pendataan bagi 15 kapal laut yang beroperasi di Dermaga Canti, Kecamatan Rajabasa. Dimana 15 kapal laut tersebut, tidak satupun memiliki kelengkapan dokumen yang lengkap untuk beroperasi.

“Hasil pengecekan bersama KSOP Bakauheni, Dinas Perhubungan Lamsel, Jasa raharja dan aparat kepolisian kemarin, tidak satupun memiliki dukumen yang lengkap. Olehkarena itu, kemarin kami baru sebatas memberikan tindakan persuasif, preventif kepada pemilik kapal agar melengkapi semua dukumen,” kata Kepala Dishub Lamsel, Anasrullah, ketika ditemui diruang kerjanya, Rabu (18/7).

Tetapi, lanjut Anas, setelah dilakukan tugaran, sosilisasi dan pendataan mereka masih tidak melengkapi dokumen izin pelayaran. Maka akan diberikan sangsi tegas tidak diizinkan untuk berlayar.

“Nanti ada Tim Patroli Khusus yang dibentuk untuk menindak tegas. Sekarang baru pendataan, kemudian hasil ini akan dilakukan rapat bersama dari Pemerintah daerah, Provinsi dan Pemerintah Pusat. Sebagai catatan, bukan hanya Lamsel saja yang memberlakukan aturan secara tegas, tetapi semua kabupaten yang memilki laut dan sungai,” beber Anas.

Untuk itu, dirinyavmenghimbau agar para pemiliki kapal di Dermaga Canti, segera melengkapi berbagai dokumen izin pelayaran.

“Untuk dokumen izinnya ada di KSOP Pajang. Kami Dishub Lamsel tidak memiliki kewenangan, tetapi jika masyarakat memerlukan bantuan untuk mengurus izinnya Dishub Lamsel siap membantu,” pungkasnya.(jhn/hkw)

error: Content is protected !!