123 Peserta Ikuti Ujian Advokat

0
482
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Bandarlampung menggelar ujian profesi advokat (UPA) 2017 di gedung Pascasarjana IBI Darmajaya, Sabtu (11/2).

Pelaksanaan UPA yang bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi itu diikuti 123 peserta dari seluruh kabupaten/kota di Lampung. UPA 2017 yang merupakan ke-15 kali dihadiri Ketua dan Bendahara DPC Peradi Bandarlampung M Ridho dan Sujarwo, serta perwakilan pengurus DPN Peradi, Rifai.

Rifai menjelaskan selain di Lampung, UPA dihelat serentak pada waktu bersamaan di 33 kota se-Indonesia dan diikuti 5.058 peserta.

”Banyaknya jumlah peserta menunjukkan besarnya niat sarjana hukum untuk menggeluti profesi advokat, serta merupakan kepercayaan kepada Peradi yang dipimpin oleh rekan Fauzi Yusuf Hasibuan sebagai ketua umum DPN Peradi,” ujar Rifai seperti dikutip dari radarlampung.co.id (grup Trans Lampung).

M Ridho menambahkan, Peradi terus menerus meningkatkan kualitas pelaksanaan UPA dan menerapkan manajemen yang dapat menghindari terjadinya penyimpangan dalam menentukan kelulusan peserta ujian. ”Hal ini biasa kami sebut dengan zero KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme),” ungkapnya.

Menurut dia, UPA dilaksanakan berdasar perintah UU Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat sebagai syarat menjadi seorang advokat. ”Lulus UPA adalah salah satu syarat untuk dapat diangkat menjadi advokat oleh Peradi dan diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi. Selanjutnya, peserta yang lulus diwajibkan mengurus segala persyaratan yang ditentukan UU Advokat untuk dilakukan pengangkatan dan sumpah sebagai advokat,” tutup Ridho. (tnn)