. . .

11 Relawan Baubau Gabung Basarnas, Temukan Tiga Korban Tewas

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BAUBAU – 11 orang relawan asal Baubau ditempatkan dalam tim gabungan Basarnas Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Empat hari terlibat, mereka sudah berhasil menemukan tiga korban meninggal akibat gempa dan tsunami.

Hal itu diungkapkan Kepala Basarnas Sulteng, Basrano melalui sambungan telepon seluler, Senin (15/10). Basrano sendiri ternyata pria asli Kaledupa Kabupaten Wakatobi.

“Relawan Baubau yang bergabung dengan kami ada 11 orang. Kalau tidak salah, ada tiga korban kita evakuasi tim gabungan ini pasca pemerintah menyatakan menutup pencarian korban 12 Oktober lalu,” ungkap Basrano.

Dia menguraikan, dua korban tewas diduga dampak tsunami ditemukan di daerah Mamboro Kota Palu. “Terakhir pukul 14.01 Wita kemarin, kita temukan seorang warga Palu atas Nunu umur 27 tahun di reruntuhan hotel Mercure,” ujarnya.

Dia menuturkan, pihaknya tak memiliki data soal korban tewas asal Kepulauan Buton. Sebab, pihaknya fokus pada tugas pencarian dan evakuasi korban.

“Tidak menutup kemungkinan (ada warga Buton), karena memang cukup luas dampak daripada gempa maupun tsunami. Tapi, kita tetap berharap keluarga-keluarga khususnya dari Buton tidak ada yang meninggal,” imbuhnya.

Basrano pun menilai relawan Baubau yang bergabung dengan pihaknya tidak surut semangat kemanusiaannya meski kadang gempa berskala kecil masih terjadi. “Karena memang saya lihat mereka membantu dari keikhlasan hati, bukan karena perintah,” pungkasnya. (exa)